Saat Kaki Menyentuh Pulau Borneo

Hentakan yang lumayan keras antara roda pesawat yang saya tumpangi dengan landasan pacu pesawat membuat saya terjaga dari tidur… alhamdulillah (gumam saya dalam hati) akhirnya sampai ke darat juga, setelah selama kurang lebih dua jam berada diatas udara bersama pesawat yang saya tumpangi dari Jakarta, setidaknya kalau jatah waktu hidup saya sudah habis, jasad saya bisa ditemukan di darat.

Dengan perlahan saya berjalan menuju pintu keluar, berbaris mengikuti antrian yang lumayan panjang… ehmm, kuhirup dalam-dalam udara yang masuk dari pintu pesawat, walaupun udaranya tidak sesejuk udara kota Bandung dan kota Pagar Alam, aku tetap memandang kedepan sambil turun dari tangga pesawat yang telah disediakan… akhirnya kaki ini kembali menyentuh pulau Borneo (sebutan lain untuk pulau kalimantan).

Bandara Sepinggan Balikpapan yang lumayan padat saat itu seakan-akan menyambut kedatangan kami, udara yang panas dan terik akan menjadi teman saya selama berada di pulau ini.

Setelah istirahat sejenak sambil minum softdrink, akhirnya saya dan teman saya melanjutkan perjalanan dengan menggunakan taxi, tujuan kami adalah Kota Tenggarong, Ibu Kota Kabupaten Kutai Kartanegara, saya dan teman saya kebetulan dapat tugas dari kantor tempat saya kerja untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih belum selesai disana, hitung-hitung buat refreshing sekaligus menambah pengalaman dalam hidup saya, walaupun sebelumnya saya pernah kekota ini dengan tugas yang sama.

Setelah melakukan nego dengan supir taxi mengenai ongkos kesana, kamipun bergegas memasukan semua barang ke dalam bagasi mobil, tak lama taxi pun perlahan-lahan meninggalkan Bandara Sepinggan.

Perjalanan menuju kesana mengingatkan saya akan suasana kota saya, sepanjang perjalanan masih terlihat banyak pohon-pohon besar dengan jalan yang berliku-liku yang tidak terlalu lebar namun masih cukup untuk untuk memotong jalan mobil didepan. Sepanjang jalan, aliran sungai Mahakam seakan-akan selalu mengiringi perjalanan panjang kami yang akan ditempuh dalam waktu kurang lebih tiga jam, rasanya ingin cepat-cepat sampai disana.

Yang kulakukan sepenjang perjalanan hanyalah tidur-tiduran,sambil memandangi pemandangan yang ada di sebelah kanan dan kiriku yang tidak terlihat jelas karena terhapus oleh kecepatan taxi yang kami tumpangi. Satu jam lagi akan sampai kesana, teriak supir taxi kepada saya setelah saya tanya berapa jam lagi sampainya. Satu jam lagi dimobil membuat saya sedikit bosan ditambah lagi perut saya terasa mual mungkin karena masuk angin dan perut kosong atau jangan-jangan saya tidak cocok jadi orang kaya yang tidak bisa naik mobil apabila berpergian jauh… huhue

Tak lama kemudian…

Gerbang Dayaku“, tulisan besar yang baru saja kami lewati itu adalah pertanda bahwa kami sudah memasuki kawasan kabupaten Kutai Kartanegara yang merupakan Kabupaten Terkaya di Indonesia, itu berarti tidak lama lagi kami akan tiba di ibukotanya yaitu Kota Tenggarong. ehmm… nafas panjang aku hirup dalam-dalam untuk menghilangkan rasa tegang yang menginggapiku selama perjalanan…

Jembatan Tenggarong yang membelah sungai mahakam adalah pemandangan yang akan pertama kali dilihat apabila berkunjung ke kota ini, bentuknya yang sangat kokoh mengingatkan saya akan jembatan Ampera yang membelah sungai Musi di Kota Palembang, aku sampai terkagum-kagum memandanginya.

Tak lama kemudian, taxi berhenti di depan sebuah bangunan yang cukup besar di tengah komplek perumahan polisi, itu berarti kami telah benar-benar sampai dengan selamat ketempat tujuan yaitu Base Camp kantor saya di kota Tenggarong… Alhamdulillah (Ucap saya dalam hati). Saya pun bergegas tidak mau buang-buang waktu, langsung kubuka pintu taxi dan sang supir langsung membuka bagasi kemudian membawa barang-barang masuk kedalam. Setelah semuanya selesai, tak lama kemudian taxi pun berjalan menghilang dari hadapanku. ehmm… kembali kuhirup udara dalam-dalam, kali ini udara Kota Tenggarong yang aku rasakan, sambil berlari kecil menuju toilet karena ada sesuatu yang ingin dibuang setelah tiga jam lamanya tertahan…

Jam di ponselku menunjukan pukul 22.00 WIB, itu berarti disini sudah jam 11 malam, mataku mulai terasa berat karena kecape’an selama perjalanan, akupun bergegas masuk ke kamar yang telah disediakan sebelumnya, sambil berbaring, aku bayangkan betapa jauhnya aku sekarang, jauh dari Kota ku, jauh dari keluargaku, jauh dari orang-orang yang aku cintai…

Aku ingin cepat pulang, berkumpul bersama kalian semua… “lalu mataku terpejam dan terlelap”

* gambar dari sana dan dari sini

75 Tanggapan

  1. waduh seru banget bos petualangannya, saya juga pingin ke pulau borneo, selain terinspirasi tulisan anda, juga terinspirasi novel laskar pelangi

    ayo Bang nyusul kemari..
    mumpung saya masih bertugas disini🙂

  2. wah! saya punya banyak sanak saudara yg merantau dan kini hidup di tenggarong, namun saya belum pernah ke sana, sama sekali..😦

    selamat bertugas ya..🙂

    thanks ya.
    semoga saja tugasku ini berakhir dengan baik..
    supaya lekas kembali dan gak terlalu jauh dari keluarg tercinta

  3. hmm…

    bingung mo balas apa hehehe…
    *dohhh.. aku kek orang bego*
    komen & reply sendiri

  4. borneoooooooo ayem kaminggggggggg

    disini adanya ayem kampung bro, bukan ayem kaming:mrgreen:

  5. selamat beristirahat,bang
    selalu ada kedamaian di rumah abang
    salam hangat selalu

    salam hangat juga Bang🙂

  6. Belum pernah ke sana😦
    Omku yang tinggal di sana..

  7. weh,,nyampe kalimantan sekarang? keren dah,,hhe,,

  8. Indah juga Kalimantan..

  9. Selamat bertugas disana. Gut luck yaa..
    Eh jangan lupa harus nyobain kuku macan sama kepiting kenari disana😛

  10. Akhirnya sampai juga yach Kawan😀

    Selamat berkarya di pulau baru🙂

    Oia ditunggu bannernya yach Hahahahahaha… *Nagih Ckckckkck……🙂

    Salam🙂

  11. Bay mengapa nggak mampir kerumah saya….

    Saya ada di balikpapan bay…

    Entar kalau kerumah, saya masakan pindang ikan patine…*becanda*he he he he:mrgreen:

    Kalau jembatan itu namanya, jembatan Mahakam…

    Dulu saya sering pulang pergi Samarinda tetapi belum pernah menginjakan kaki ke Tenggarong…

  12. semangat…terus berjuang bos…
    selamat bekerja…
    jangan lupa oleh2 ya…^_^

  13. Wow borneo, hebat…
    aku ada teman yg tugas di banjarmasin sama tarahan.

  14. Selamat bertugas ya bang,Semoga selalu sehat amin.Oleh2nya jangan lupa ya bang

  15. Borneo?
    Aku baru liat petanya doang!
    Eh, mas jangan lupa photoin MONAS, ya?

  16. wah saya orang borneo nhh😀

  17. Wah…berapa hari neh meninggalkan diriku? hehe…
    Selamat bekerja bang….

  18. Mmm…Sedang ada tugas dari Kantor yaw Maz..

    Semoga dimudahkan dan sampai kembali dengan selamat..

    Semoga perjalanan kali ini juga dapat memberikan pengalaman dan hikmah yang bisa dipetik untuk dijadikan bekal nantinya..

    Bocahbancar sudah kembali Maz he he he, tapi memang mungkin tidka terlalu aktif..

    Salam Semangat…(^_^)

  19. Waahh……have a nice trip deh pak…🙂
    jgn lupa oleh2nya ya……..🙂

  20. Kalau saya malah belum pernah ke Balikpapan.Yah…paling tidak saya akan mengingat kalau pernah bekerja di Kalteng selama hampir 4thn.

  21. siang bang
    salam hangat selalu

  22. enak ya tugas sambil jalan jalan
    jadi banyak pengalaman

    jangan lupa pulangnya bawa oleh oleh
    untuk dibagikan pada sobat blogger

    untuk saya yg spesial ya
    heheee…..

    *kaburrrrrr

  23. waw keren yah perjalanannya, jadi kepengen….

    dah lama ne ga berpetualang lagi hihihi….

    salam ya ma org2 borneo,,,,,(^.,.^)

  24. Di kalimantan??perumahan polisi?bujang pak polisi ya?…waaahh hebatnya🙂 !!
    Aku dulu sih pengennya jadi PolHut tapi ga’ kesampeian, abiz aku PENDEKAR (Pendek, kecik, kekar, ckkak,kak,kak).
    Oke ding, hfun sajalah dg perjalanannya, met tugas dan sukses selalu. Amin.

  25. gw dah pernah kesanaaa.. hehehehe..

  26. Kapan ya bisa kesana…? *sambil pegang kepala*

  27. Kalimantan memang indah dengan keanekaragamannya, tradisinya pun komplit dan unik. Dayak, Kutai dan Banjar berbaur dalam cagar budaya🙂

    Salam hangat
    Ben

    http://benedikawidyatmoko.wordpress.com
    http://benagewe.blogdetik.com

  28. Hmmm wlapun melelahkan tapi asyiik yaa.. tpi ko’ langsung tidur padahal katanya udah laper hehe….

  29. kapan yaaahhhh bisa ke Borneo…., sepertinya petualangan yang sangat hebat, berkesan dan sangat mengesankan…🙂 munawar not munawarman🙂 he he he

  30. Dulu ketika saya pertama kali terbang ke Borneo banyak hal yang menarik yang tidak saya dapatkan dari kota asalku, secara kasat mata dimana mana hutan rimba, saya berpikir kalau pesawat jatuh jasadnya tidak bisa ditemukan, karena terhalang oleh leuweng ganggong galodokkan kt orang sunda alias hutan rimba. Asyikna mulai dengan pekerjaan baru memiliki energi yang baru, apalagi orangnya baik-baik juga apa adanya membuat saya sampai saat ini enjoj disini. Kapan berakhir tugas ? Kalau sempat bisa mampir ke rumah biar kumasakkan kampung kesukaannya sambal tempoyak dan sayur ikan patin, yang uenaknya luar biasa.

    Regards, agnessekar

  31. borneo?
    kalimantan yah
    aq blum pernah kesono😦

  32. Aduh mas
    Kata2nya sangat berpasrah
    Tentang jasad
    Aduh2

  33. enjoy Tenggarong then..
    dan, tetap bersyukur!!🙂

  34. saya tunggu dirumah ya bang, pulanglah …

  35. mampir. mas…..

  36. wehe,,bro2 n sist2 di luar, wassap??

    mw liat yg baru2? samperin aje blog gue,,hhe,,

  37. pulau borneo tuh kalimanta pa sulawesi??
    lupa saya..🙂

  38. selamat bertugas ya…. .

  39. semoga sukses bang bayu🙂

    titp salam ma sodara2 di tenggarong, hihi

    pakdheku ada yg di tenggarong juga…

    siapa tahu ketemu

    halah

  40. waduuhh…
    asik nih kayaknya ..
    pengenn euy //

  41. mampir-mampir😀

  42. Asslamualaikum…saya pernah ke medan.kampungnya brp km dari medan?

  43. wah,,,enak ya,,,,,

  44. nameeman aja blum pernah k mana-mana,,,

  45. wah saya jadi pingin pulang :Roll:

  46. blue datang di bulan penuh cinta,sahabat
    salam hangat selalu
    met valentine

  47. mas bayu enak ya… jalan2 dapet duit…😀 walaapun jauh dari keluarga dan orang2 yang dicintai [untuk sementara waktu], setidaknya bisa merefresh kepenatan yang ada dikepala…😀 moga selamat dan liburannya menyenangkan, and kerjaan diborneo cepet terselesaikan.

  48. ketemu pakde gw gak di Kutai?? kayaknya rumahnya ada di Kutai ke sono dikit… hehe *gak apal peta sih!*

  49. pernah terpikir bwt kesana menyisir jejak kerajaan tertua di Indonesia.tp dasar belum berjodoh jad gak pernah kesampaian. btw kok postingannya g di update mang??

  50. trus kapan menjejakkan kaki kembali ke palembang ?😦

  51. Dah sering dengar kota Tenggarong tp lom pernah kesana. Gmana kehidupan masyarakatnya sobat..?

  52. Enaknya bisa travelling sampe ke Borneo.. Ya, mumpung masih bisa dan muda, semangat buat menjelajah…😀
    Keep posting, salam hangat selalu..

  53. wah…itu gambar jembatan ya ?

  54. kok cuma ke balikpapan sih ,,,,
    gak sekalian ke Banjarmasin begituh.

  55. jadi inget temen-2 di Kutai Timur

  56. fren,,apa kabar?

    ikut 3rd IBSN Blog Award yuk,,daftarin aja artikelnya di sini,,pendaftaran kita tutp tanggal 25 maret jam 23.59,,
    keterangan lebih lanjut bisa diliat di sini,,dan syarat artikel bisa dibaca di sini,,
    IBSN,,berbagi,tak pernah rugi,,

    by, komporizer#6,,kahfinyster,,😀

  57. Abu belum pernah menginjakkan kaki di Kalimantan…
    Kapan ya bisa sampai kesana?

  58. aih aih..
    ak blm pernah kesana.
    jd pengen.😛

  59. Bisa berpetualang, sepertinya menyenanngkan

  60. jadi pengen kesana

  61. jalan-jalan mang mengasyikan🙂 apa kabar?

  62. borneo cuma saya kenal dari “katanya”, berharap suatu saat bisa kesana. hmmm…

  63. kalo lagi merindukan sosok ayah, kan bisa telpon Bapakku bay. Beliau kan bakal jadi orang tuamu juga..🙂

  64. Selamat menikmati Indahnya ALam kalimantan Bung.. Selamat Datang.. !!😀

  65. wah menarik sekali ya mas.. ceritanya.. apalagi naik gunung.. hmm…🙂

    ****

    Sibuk terus nech.. So, baru blog walking lagi nech…😀

  66. Bang…puisinya kok comment-nya ditutup..?
    Hiks…jadi inget ayahe Bendol neh…

  67. komen buat puisi koq ditutup sih,,

  68. koq koment puisi di tutup brooo

  69. Saya belum pernah tuh ke kalimantan..
    pengen banget kapan ya bisa kesana …
    Lagi cari gratisan susah banget ya…😀

  70. Perjalanan yg sangat menarik kak bayu.

  71. aku suka cerita ini,
    makasi ya menghibur banget……..😀

  72. salam kenal……………..

    sekalian numpang promosi…………………………………
    buat temen-temen yang pingin buka counter ato jualan pulsa elektronik bisa kunjungi

    http://www.menone.wordpress.com/

    maksih

  73. Seru banget sob, Petualangan yg menarik….
    Butuh info film terbaru, jangan lupa mampir di blog Ane kawan2… update tiap hari lho….
    Salam kenal buat yg empunya blog…

  74. Seru banget sob, Petualangan yg menarik….
    Butuh info film terbaru, jangan lupa mampir di blog Ane kawan2… update tiap hari lho….
    http://www.cinema31.co.tv
    Salam kenal buat yg empunya blog…

  75. aq jdi pngen k borneo nich

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: