IBSN: Ame Dek Pacak Ngiluk’i Jangan Merusak Jadilah…

Teman-teman pasti ada yang bingung dengan judul postingan ini “Ame Dek Pacak Ngiluk’i Jangan Merusak Jadilah…“, itu bahasa gaul daerah saya…hehehe😀. Kalau ditransfer ke Bank dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih begini “Kalau tidak bisa memperbaiki cukup jangan merusak…

Pesan singkat SMS diatas mengajak kita semua untuk selalu menjaga yang namanya fasilitas umum yang dibuat oleh pemerintah untuk keperluan orang banyak, seperti telepon umum, halte bis, marka jalan, trotoar, jembatan penyeberangan, jalan, taman kota serta fasilitas umum lainnya.

Mungkin kalian pernah menemui telepon umum yang tidak ada lagi gagang teleponnya, atau halte bis yang seharusnya tempat beteduh dari panas dan hujan saat menunggu bis jadi seperti berjemur di gurun sahara karena atapnya hilang entah terbang ke rumah siapa, atau marka jalan yang hanya tinggal tiang saja dengan bentuk yang tidak simetris lagi, serta contoh-contoh kecil lainnya…

Hal itu mungkin terjadi karena berlebihannya rasa memiliki akan fasilitas umum tersebut, sehingga rasa memiliki yang sesungguhnya di salah artikan.

“Biarin… ini kan milik bersama, lagian pakai duit Pajak PBB saya juga bikinnya…”

Bisa dibayangkan berapa ratus juta bahkan milyaran rupiah pemerintah menganggarkan biaya tiap tahun hanya untuk memperbaiki fasilitas umum yang rusak akibat pemikiran yang dangkal seperti itu.

Seandainya tidak ada pemikiran-pemikiran seperti itu, mungkin negara kita sudah maju seperti negara-negara lainnya, karena tidak ada lagi yang namanya “memperbaiki” melainkan “membangun sesuatu yang baru“.

Namun tak ada kata terlambat untuk memperbaiki semua itu. Mulai sekarang mari kita tanamkan budaya “Kalau tidak bisa memperbaiki cukup jangan merusak…“, karena dengan menjaga fasilitas umum yang ada, berarti kita sudah menyumbangkan sesuatu yang sangat berharga untuk pembangunan negeri ini.

76 Tanggapan

  1. hmm………..aku suka postingan ini karena aku bisa nambah tahu tentang bahasa daerahmu
    salam hangat selalu
    met akhir pekan

    Bayu say…
    Met akhir pekan juga oM Blue…

  2. aku artiin dalam bahasa ibuku ya.
    Nek gag iso ndandani yo ojo ngrusak, dadio …. terusan apa🙂
    Save The Public Utility

    Bayu say…
    Harus selalu mencintai bahasa Ibu (daerah), bahasa Indonesia sebagai pemersatu…

  3. bener banget bang, aQ jg setuju, untuk apa dan kenapa sich banyak temen2 yg ska merusak sarana dan prsarana umum? Khan Qta jg yg rugi…capek2 bayar pajak, dan capek2 jg ngeliat negara ini…hehe…

    Bayu say…
    Alhamdulillah kalau neng Sarah juga setuju…”sambil mengusap kedua tangan ke muka”

  4. ok…
    hilangkan pemikiran2 itu dengan segera…

    Bayu say…
    Mulai dari sekarang!

  5. Numpang mojok aaahkk….🙂🙂🙂

    Bayu say…
    Silahkan mang, biar lebih mantab pesan kopi di warung depan

  6. Mari qt jaga fasilitas umum dari tangan2 nakal

    Bayu say…
    Mari mbak kita jaga sama-sama

  7. itu semua terjadi karena banyak diantara kita yang masih blom “peduli” bahkan tidak mau tahu tentang lingkungan yang ada disekitar kita. padahal semua berawal dari diri kita jika kita ingin bangsa kita maju maka perbaikilah diri kita dimulai dari sekarang…🙂

    Bayu say…
    Betul mbak harus dimulai dari diri sendiri dulu. Mulai sekarang aku harus berubah…

  8. setuju banget tuh, mas…. postingannya penuh pesan moral….

    Bayu say…
    itu cuma suara hati mas…

  9. sep..abang ini bener juga.
    Pemerhati lingkungan. Seandainya semua sepeduli ini, tentu negara kita makin kuat ya bang?

    Bayu say…
    Semoga aja oM…

  10. ok, setuju..

    Bayu say…
    Yakin bang setuju…😛

  11. betul sekali bro…
    setuju banget..

    kalau tidak bisa memperbaiki, janganlah merusak….

    mantap

    Bayu say…
    Mantep bos kalau setuju… tapi di aplikasikan di kehidupan sehari-hari ya… hehehe😀

  12. haaaggghhh….sedih saya melihat perkembangan kota Lahat pasca pelantikan pemimpin baru terpilih yang dalam kampanyenya membawa jargon “Saatnya Berubah”. Bagaimana tidak, sampai sekarang belum ada gebrakan yang berarti, yg dilakukan aparat pemerintahan pasca ganti pimpinan, Pasar masih dibiarkan semrawut, sampah dibiarkan bertebaran di sekitar pertokoan Jl. Inspektur Yazid, karena pasukan Biru tidak ada lagi yang menjalankan tugasnya. Terus jam yang ada di tugu jam simpang empat kota Lahat sudah sebulan tidak ada yang benar waktunya alias mati, Lampu pengatur lalu lintas (yang warnanya Merah, Kuning, Hijau) hampir sebulan sudah tidak berfungsi lagi, yang menambah semrawutnya lalu lintas kota lahat, bahkan tidak jarang sering mengakibatkan kecelakan. mana gebrakan dari pemerintah baru kota Lahat? Apakah ini yang namanya “saatnya berubah”, merubah dari yang dulunya hidup menjadi mati, dulunya bersih menjadi kotor. Bahkan sampai sekarang belum terdengar pergantian kabinet di jajaran pemerintahan Kota lahat, Buat apa ganti Pimpinan kalau masih memakai pejabat peninggalan yang lama dengan pemikiran yang lama pula…

    Bayu say…
    Memang sedih kalu ngina’i perkembangan daerah kite mak ini, tapi sedihnyo jangan lamo2, Dak katek gunonyo terus bersedih dan hanya diam terpaku, lebih baik ciptakan ide2 kreatif untuk daerah kt daripada kita terus menyalahkan pemerintahan yang belum tentu mendengarkan apa yang kita teriakan… bener dak mang😉

  13. hehehe…kl di daerah sy, baut2 jembatan banyak yg dilepas, katanya sih lumayan buat dijual. mgkn krn mereka kurang berpendidikan jd tidak tau kalau perbuatan yg mereka lakukan salah

    Bayu say…
    Wah… parah banget mas, sampe segitunya… nggak mikir banget tuh orang akibat yang di timbulkan oleh ulahnya…

  14. Sebaiknya kita saling menjaga fasilitas untuk kepentingan umum

    Bayu say…
    Betul apa yang di bilang oleh bunda

  15. ampir sama dengan “kalau tidak bisa membersihkan cukup jaga kebersihan”. kalau tidak salah begitu bahasanya.

    Semoga rasa memiliki tumbuh dalam diri masyarakat kita, jangan sampai merusak malah membuat keselamatan orang lain dalam keadaan bahaya. contoh dari info resep : orang-orang disana malah mengambil baut dari jembatan, gimana nanti kalo jembatan rubuh sementara banyak kendaraan yang lewat diatas jembatan tersebut?

    Bayu say…
    Betul mas… kira2 hampir sama begitu maksudnya…😉

  16. mantaaaab mang…

    Bayu say…
    iya mang… dari tadi dak begerak masih disini…. hehehehe😀

  17. mereka mungkin ga sadar aja kalo sebenernya fasilitas umum itu kan dari koceknya juga..

    Bayu say…
    Kayaknya sih gitu mas…

  18. Woow… bener banget mas.. memelihara itu jauh laebih sulit dari pada merusak…🙂

    Salam silaturahim…😉

    Bayu say…
    Salam silaturahim juga sahabat…
    nggak minum dulu nih… barusan juga goreng pisang… mau??

  19. wew
    itu bahasa daerah mana?

    Bayu say…
    Itu bahasa JIN Lahat mas😀

  20. Setujuu… klo setiap orang berpikir seperti itu, ga ada deh sarana dan prasarana umum yang rusak..😀

    Klo dalam bahasa daerah saya ” Ame Dek Pacak Ngiluk’i Jangan Merusak Jadilah…“ bisa dikatakan begini.. “Mun kada bisa membaiki jangan merusak barang…”

    Bayu say…
    hehehe… jadi tahu bahasa daerahnya mas aidicard juga nih… Negara kita kaya akan bahasa, tapi tetap bisa bersatu dengan adanya Bahasa Indonesia…🙂

  21. […] IBSN: Ame Dek Pacak Ngiluk’i Jangan Merusak Jadilah… Teman-teman pasti ada yang bingung dengan judul postingan ini “Ame Dek Pacak Ngiluk’i Jangan Merusak […] […]

  22. keren bay.
    makin hari kamu makin cerdas.
    minum susu apa sih ?😀

    Bayu say…
    Minum susu SGM “Susu Gantung Murni”😀

  23. wah..bener banget thu,kalau kita nga bisa memperbaiki jangan merusak..

    aku artiin ke dalam bahasaku ya…
    ” lamun sing ngidaang menahin de ngusakin”
    hehehe…bahasa apakah itu ?

    Bayu say…
    Wah bahasa kerajaan mana tuh mbak…😀

  24. setuju mas… ama yang diatas

    cuman sekarang yang juga harus kita perhatikan:
    “kalau tak bisa menikmati ya manyun aja.. hehe” begitu kata pemulung dan pengemis yang lewat depan telpon umum

    Bayu say…
    Jika semua orang punya niat buat ngejaga fasilitas umum kan negara kita bisa jadi lebih maju mas… nah kalu negara kita sudah maju, mudah2 an nggak bakal ada lagi yang namanya pengemis dan pemulung… iya nggak😉

  25. mun bahasa simkuring mah meureunan kieu nyak … mun teu bisa ngomean mah ulah ngaruksak atuh silaing teh … dasar jurig siah ah … di cekek siah ku aink ..

    kekekeke

    Bayu say…
    itu mah bahasa sundanya ya… hehehe🙂

  26. Sahabat Blogger..

    Saya ingin mengundang sahabat blogger (semua) untuk ikut berdiskusi menjadi blogger yang pertama ikut menyusun konsep “Indonesian’s Friendship Blogger”:-).

    Salam Hangat dan Persahabatan selalu:-)

    Gusti Dana

    Bayu say…
    Okay mas Gusti… nanti saya meluncur ke TKP

    Salam persahabatan juga mas…😉

  27. Ya kacau tuwh emank..

    Perlu penyadaran sejak dini kayaknya…

    Bayu say…
    iya mas… nggak boleh ditunda-tunda lagi…🙂

  28. yah ternyata masih banyak orang Indonesia yang punya kerjaan sampingan sebagai orang iseng dan usil

    Bayu say…
    iya mas… buat uang tambahan…😦

  29. pagi sahabat salam hangat selalu
    semangat ya

    Bayu say…
    met pagi juga sahabatku Blue…
    kayaknya cerah banget pagi ini…🙂

  30. indonesia memang ragam budaya.. asiknya

    Bayu say…
    Bhineka Tunggal Ika

  31. kalo misal saya bilang,
    “ga bilang gapapa, asal jangan bohong.”

    gimana?

    Bayu say…
    tetap nggak boleh!

  32. susahnya kita..kadang hanya sekedar iseng untuk merusak fasilitas umum

    Bayu say…
    padahal nggak ngerusak nggak bayar…😦

  33. Saya juga heran ma masyarakat kita, kok senangnya merusak daripada menjaga fasilitas umum. Mungkin pikir mereka, “Itu khan bukan milik saya..”
    Padahal mereka juga membutuhkan fasilitas tersebut suatu saat.. Truz, kalo dah rusak, mulai menyalahkan orang lain.
    huuuuuhhhh….*narik nafas panjang*

    Bayu say…
    Bingung mau nyalahin siapa?

  34. kalo di Jabodetabek nggak usah nunggu dirusak warga, terutama setiap akhir tahun trotoar yg tadinya sudah rapi setelah sebelumnya dibongkar telkom, besoknya dibongkar PLN, sudah rapi besoknya lagi dibongkar PDAM, dst.😀

    Bayu say…
    Bener tuh mas… nggak bosen apa mereka mbongkarin tuh trotoar terus ya… kayak nggak ada kerjaan lain😛

  35. Kesadaran masyarakat kita memang rendah sekali, makanya banyak fasilita-fasilitas umum yang dirusak. Oleh karena itu perlunya mengkampanyekan tentang penggunaan fasilitas umum untuk keperluan bersama. Dengan jalan memasang spanduk spanduk di tempat umum, Poster-poster dan seperti anda ini menulis di Blog.
    Bagus sekali postingan anda, kalo bisa bisa tukeran link ya.., biar bisa saling mengunjungi…
    Salam Persahabatan..

    Bayu say…
    Okay bang… nanti aku add link nya bang tuyi

    Salam persahabatan bang…🙂

  36. bahasanya kok dibalik – bolak??

    Bayu say…
    disengaja biar kepala jadinya pusing…😛

  37. selamat siang bang
    semangat terus ya ok
    salam hangat selalu

    Bayu say…
    Eh… bang blue…
    Siang bang… salam hangat juga bang, kebetulan di Bandung Dingin, lagi musim hujan…hiks

  38. ini fenomena udah cukup lama lho bang . sejak dari saya kecil . enggak pernah ada namanya fasilitas umum yang bagus , bersih , dan terawat . pasti pada rusak .

    yah , , semoga penduduk negara kita bisa lebih dewasa ke depannya .😀

    Bayu say…
    Amin.

  39. bagaimana dengan yang ini : jangan mengambil semua jangan pula meninggalkan semua…

    Bayu say…
    Ibarat Dewi Sandra dengan Sandra Dewi, sama2 cewek “nggak nyambung ya kang :D”

  40. “ambil yang bagus tinggalkan yang jelek” Tapi jangan di terapkan sehabis pulang dari mesjid atau tempat sedekahan. Itu sama aja NILEP…

    Bayu say…
    Bener nian kato mang joeby tu… mantabs🙂

  41. Setujuuuu ommmmm…. h..he..he… salam kenal

    Bayu say…
    Siipp…
    Salam kenal juga, ntar aku mampir kerumah km, bukain pintunya ya…😀

  42. tapi emang paling gampang buat ngerusak hahaha…
    makanya banyak yang kayak gitu….nah mbetulinnya susah.
    kurang punya rasa memiliki kayanya…

    Bayu say…
    bener banget bang, rasa memilikinya terlalu berlebihan, merasa itu milik sendiri, jadi seenaknya aja mau diapain..😦

  43. ya’ au

    Bayu say…🙂

  44. Wah benar banget tuh.. n kalau gak bisa posting sebagus gini cukup coment saja disini, hehe..

    Bayu say…
    Silahkan dicorat-coret mas…🙂

  45. jadi rame nih blog… heran, kok temen” gw jadi rame gini sih?? pasti gara” ada gw… *lho?*

    gw jarang ngerusak lho… bener dah!! sueerr…

    Bayu say…
    Berarti Hansem salah satu generasi penerus bangsa yang baik…🙂

  46. ikut lomba blog yu, infonya ada di blog saya,
    makasih,
    maaf OOT

    Bayu say…
    Okay mas… langsung ke TKP

  47. fasilitas umum, untuk umum dan dipakai bersama, jadi harus dijaga & dirawat

    Bayu say…
    Bener banget…🙂

  48. “empung nak iluk li gi tunggal” …… fasilitas umum wujud dari pelayanan pemerintah terhadap warga negara, menjadi warga negara yang baik bisa dimulai dari turut menjaga fasilitas umum.

    Bayu say…
    Benar nian itu kang… mulai dari sekarang!

  49. Hehehe
    Pantesan daku ga ngerti
    Itu bahasa gaul di daerahmu toh😀

    Bayu say…
    Tapi sekarng jadi ngerti kan Fren…😉

  50. setuju sekali. barang umum mestinya kita juga harus ikut merawat.

    Bayu say…
    Bareng-bareng🙂

  51. setuju,mari kita bersama-sama ikut menjaga dan merawat fasilitas umum.😀

    Bayu say…
    Siipp dah kalau begitu…🙂

  52. setuju!!!!🙂

    Bayu say…
    setuju apaan neng?? setuju abang lamar…😛

  53. mantapzzz, yu…

    Bayu say…
    hehehe… apa kabar kang ardhi… Bayar pajak udah turun belum ya??

  54. hmm..org kita ganas2 ya kalo ngeliat fasilitas umum

    Bayu say…
    Lebih ganas dari harimau…😀

  55. hha*
    smpet binun sama judulnya.
    kalo tambahan saya sih:
    kalo ga menguntungkan, setidaknya cukup jangan merugikan.😉

    Bayu say…
    hehe…seneng liat neng Rossa jadi bingung😛

  56. sama…q juga binun…
    setelah baca baru ma`ud…

    Bayu say…
    Aku juga binun dengan komeng Yummy🙂

  57. wah, gw ngerti tuh bro kata-kata diatas,

    gw lama tinggal di baturaja🙂

    cuma pengen negor n ada post baru di blog ane

    Bayu say…
    Alhamd kalau masih ngerti, kirain udah lupa sama bahasa sendiri

    Okay gan,,, nanti aku mampir kesana… thx bro🙂

  58. Assalamualaikum…maaf nih baru datang ke sini…
    ehm…mau tukaran link gak??? itu juga kalau berkenan…
    kalau bersedia…konfirm ke blog saya ya..
    Wassalam

    Bayu say…
    Waalaikum salam…
    nggak ap2 mas… mari silahkan masuk mas…
    Okay… ntar aku add ya mas, nanti aku pasti mampir kesana… thx ya mas..🙂

  59. tapi walaupun bisa memperbaiki .. ya jangan merusak juga ya …

    Bayu say…
    SIAP BOS… “sambil hormat”

  60. hai pren,,

    thx dah daftar ibsn,,

    post nya bgus nih,,

    Bayu say…
    Hai juga fren…
    hehehe…karena motto IBSN berbagi tak pernah rugi, jadi apa salahnya kan kita saling berbagi sesama sahabat…🙂

  61. Setujuuu….!!😀

  62. Bener banget bro..
    Mantep..
    Hehehe..

  63. bener sobat.. mungkin dengan bahasa lain… kita jangan bepikir apa yang negara berikan pada kita,,, tapi kita harus berpikir… hal apa yang telah kita berikan kepada negara….😉

  64. mengesankan juga nih lihat http://www.herbaqu.co.cc web ku yang cantik dan dapatkan info dari kami hari ini, jangan ketinggalan berita dari kami

  65. Assallamualaikum,,,hallo,hallo…alloha, wer a yu🙂 biasalah ngabsen.

  66. halo apa kbar saya coment dulu ya baru baca heheheh..

    Bayu say…
    Alhmd… sehat kang didin..🙂
    silahkan kang didin kalu baca2 dulu, biar enak kita sambil minum kopi kang, gimana?🙂

  67. akoorrr mang, kalu nak maju pule lahat ni
    gawika gawi lame nak merusak saje
    kebile d ajung ngiluk’i lok tikus ngiluk’i labu, hahaha

  68. Oi.. nyela nian empuk kate niningku madak’e ..cung nunggu denie jangan galak merusak amu pacak ngiluk’i..nengae cung.!. Au..neng kateku….he.he.100 % bahasa kerajaan coy

  69. Begitulah, nampaknya emang kesadaran untuk memelihara dan menjaga sudah mengikis.. Ya setidaknya dengan postingan ini kita kembali diingatkan..
    Salam persahabatan..🙂

  70. salam kenal eui….
    makmane pengabaran di lahat, tambah maju dide (ape masih luk tahun 1999) ????

    siape yg mehase bujang ngak gadis lahat asli, ayu kite bebalas pantun….

    DI TUNGGU…

  71. mw nnya mas,,
    kalo di lahat ada gak adat/kbiasaan masyarakat yg tujuannya itu untuk pelestarian lingkungan alam??
    Lg dibutuhin nih mas informasinya untuk refrensi krya tulis ku.
    makasih…

  72. asllmmm…………permisi ni, …galax nimrung ma jeme lahat…..lok mane pgabaranye gale wong lahat……aku orang cianjur……………galax biso becakap baso lahat……soalnye….mak ni… galak nikah same betino lahat….. la tingalnyo di gang senggol jalan central namanyo NURLELA katanyo kenan suka berdendang di orgen elektone ARJUNA… mdah2 an kenan akap ni sehat…..
    heee…hee maaf tulisannye agak…karut nian…basonyo jugo dek dimengerti samo kance2 disane……maklum lagi belajar……………………….

  73. baso daerah ialah harta karun kita semua , apalagi lahat dapat ADIPURA mudah2 jadi conto buat daerah2 di nusantara yang tercinta ini………salam ma kance2 gale di lahat dari wong sunda………………………

  74. kang bayu… tuape pengabaran nye ni petang………,numpang nanye nih po kenal da samo NURLELA alamatnya gang senggol jalan central lahat dekat bengkel spur…. hatur nuhun salam beduluran samo orang sunda trimakasih………………..

  75. I can see that you are an expert at your field! I am launching a website soon, and your information will be very useful for me.. Thanks for all your help and wishing you all the success in your business.

  76. mas, kalo kabane itu artinya apa ya..??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: