Wisata Lahat | Menelusuri Jejak Serelo

Diakhir pekan yang cerah ini, saya ingin mengajak teman-teman jalan-jalan ke kota saya yang penuh dengan keanekaragaman budaya dan keindahan alam yang mempesona “Promosi mode:ON”…hehehe, ya…walaupun hanya melalui dunia maya dan tidak berkunjung langsung kesana, setidaknya teman-teman tahu ada apa ya di kota saya, walaupun cerita tentang wisata kota lahat sebenarnya sudah saya rangkum disini tapi saya ingin menjabarkan lebih luas apa yang ada disana, ya hitung-hitung buat nambah jumlah postingan…hehehe

Pekan ini saya akan mengajak teman-teman untuk menelusuri Jejak Serelo. Saya yakin teman-teman pasti ada yang bertanya Serelo itu apa sih?…

Boleh saya jawab sekarang ya teman-teman?? ehmm… Serelo itu adalah nama sebuah bukit yang berada di Kabupaten Lahat yang merupakan bagian dari gugusan Bukit Barisan. Bukit ini terletak di desa Perangai yang jaraknya kurang lebih 20 KM dari pusat Kota Lahat.

Bukit Serelo merupakan Landmark Bumi Seganti Setungguan. Bukit ini memiliki bentuk yang unik, yaitu menyerupai bentuk acungan jempol manusia sehingga sebagian orang menyebut bukit ini dengan sebutan Gunung Jempol “padahal bukan gunung…hehehe” dan sebagian orang lagi menyebut bukit ini dengan nama Bukit Tunjuk, tapi nama yang sering dipakai atau nama legalnya yaitu Bukit Serelo.

Oke teman-teman kita berangkat…

Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi tempat ini, transportasi yang dipakai adalah transportasi darat. Untuk menuju lokasi lereng bukit bisa menggunakan jasa Ojek atau Akutan Desa (Angdes) atau yang lebih baik lagi pakai mobil pribadi, dijamin pasti lancar deh perjalanan teman-teman…hehehe. Waktu yang ditempuh kurang lebih 30 menit dari jalan lintas (Jalan Utama).

Etsss… tunggu dulu…. Sebelum menuju ke lokasi, sebaiknya teman-teman harus mempersiapkan dulu segala kebutuhan selama disana, seperti peralatan camping dan bekal selama disana serta yang pasti yang harus dipersiapkan adalah hati yang bersih dan niat yang tulus.

Kalau semuanya sudah siap… let’s gooo kita lanjutkan perjalanan yang indah ini…

Disepanjang perjalanan menuju bukit, teman-teman akan ditemani oleh pemandangan yang sangat indah, hijaunya pepohonan dan segarnya udara yang masih alami serta hamparan kebun kopi milik masyarakat sekitar, harumnya semerbak bunga kopi yang sedang berbunga akan menambah indahnya perjalanan menuju ketempat ini.

Apabila sudah sampai kelereng bukit, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Nah…disini awal dari tantangan perjalanan ini, kita harus punya semangat dan mental yang kuat, kalau mentalnya tempe mendingan pulang aja, takut nanti jadi Trenggiling… itu hewan yang bisa naik tapi nggak bisa turun, kan repot jadinya… hehehe

Tapi sebelum naik kepuncak bukit, ada baiknya teman-teman mampir ke Sekolah Gajah yang letaknya tidak jauh dari lokasi lereng bukit. Disana banyak gajah Sumatra yang sudah jinak. Gajah-gajah itu dulunya hampir punah karena di buru oleh manusia untuk diambil gadingnya. Nah… tempat merupakan salah satu tempat perlindungan gajah Sumatera selain di Way Kambas, Provinsi Lampung.

Gajah-gajah itu dilatih untuk membantu pekerjaan manusia, seperti mengangkut kayu, mengangkut hasil panen pertanian bahkan mereka juga dilatih ketangkasan bermain Sepak Bola… Bisa dibayangkan kalau mereka membentuk Club Sepak Bola bernama GFC (Gajah Football Club), saya jamin deh club sepakbola sekaliber Manchester United atau Barcelona pasti keokk… hahahaha…😀

Udah puas ngeliat gajahnya teman-teman… lanjut yuk, takut keburu sore… let’s gooo…

Perjalanan kita dilanjutkan dengan berjalan kaki, jalan-jalan terjal bebatuan dan diselingi dengan tanah yang becek akan kalian temukan disana. Untuk menuju kepuncak kita akan berjalan pada sudut kemiringan 45° sampai 70° jadi harus hati-hati ya dan yang pasti harus tetap semangat serta mempunyai hati dan niat yang tulus untuk mencapai kepuncak.

Alhamdulillah… Sampai juga kita dipuncak bukit Serelo. Dari tempat ini kita dapat melihat keindahan kota Lahat dari ketinggian…mari kita mengucapkan rasa syukur atas anugrah keindahan alam yang diberikan oleh tuhan kepada kita dengan sama-sama mengucap Allahu Akbar…

Berikut ini view mengenai keindahan Bukit Serelo :

Bukit Serelo

Bukit Serelo

Jalan Menuju Bukit Serelo

Sekolah Gajah Perangai

Semoga postingan kali ini bermanfaat, setidaknya teman-teman yang belum pernah atau tidak tahu sama sekali tentang daerah saya menjadi sedikit tahu sekarang.

Oke teman-teman, sampai jumpa di postingan Wisata Kota Lahat lainnya Minggu Depan ya… Bye🙂

70 Tanggapan

  1. wow seru ya.. betapa indah alam kita…salam…

  2. wahhh , mantap mas, bener2 indah..

    gajahnya bisa dilatih ngrblog juga gak ya ?

    hihi

  3. waduhh… pas gw jalan” kok malah gak nulis kayak ginian yaa?? yah, gak kepikiran siih..😀

    btw, selamat bersenang” saat liburan… kayaknya gw tertarik ke sana nih…😀

  4. wah jadi ngiri nih,,,,

    kpn” dech kl liburan saya sempetin kesana,,,,

    kira” biyaya’y murah, ga…???

  5. bukitnya kok puncaknya aneh gitu yah
    kayak apa ya…. 🙂

  6. Waah asyik banget bisa.. naekin gajah nech… hehee…😀
    tar dech klo punya uang maen maen kesana….

    Good Post….😉

  7. nice place…..

  8. bukitnya seperti……??????

  9. wah, gajah bisa main sepak bola ?
    it’s so weird ?!? but COOL !!

    ps: sorry 1st i prefer called by sis (sister) rather than bro,
    nice to know u.

  10. mudah-mudahan keindahannya akan abadi

  11. sempet kaget aQ…ada jg y namanya kab.lahat…hehe
    jd ingat liang lahat..*hallah*
    nice view…kerrreen🙂

  12. view nya keren
    kapan2 pengen kesana😀

  13. gw org BATURAJA NIH GAN…

  14. aku udah pernah liat..waktu perjalanan ke pagaralam. hanya bisa menikmati keindahannya dari kejauhan.

    kapan2 kesana yuk bay ? ajak aku..

  15. Wow…indah nian bang.
    Jadi pengen naek gajah neh
    hehehe……🙂

  16. ikut jalan2 ah…. gajahnya gede-gede ya… he,,he,, (emang ada gajah yang kecil).. lanjut ahh takut kesorean…😉

  17. wah…mantabhs bukit serelo…meskipun baru denger. bisa naik sampe puncaknya?
    saya sih mental dan semangat kuat, cuma napas nggak kuat gara-gara kebanyakan ngerokok…

  18. Asslkum kak,,
    slm kenal..nie Ike (m). Asl lahat jg.
    Maen2 k blog q ya,biarpn msh sgt2 sdrhana,baru bljr !he
    oh y, d tiap artkel mgnai serelo yg prnh sy lyt jarang skali yg mjlaskn mgnai legenda & asal usul serelo. D Web lahat atwpun pemprov jg,sy rasa, tdk mjlskn mgnai hal itu. Kk tau dak ttg itu ?(sixthefroza@gmail.com)

  19. wah keren banget..

  20. weleeeh…..iti perginya tahun berapa pak?
    […..]

  21. Saya baru tau ini ada nama kota lahat lengkap dengan pemandangan indahnya…, kapan-kapan boleh juga liburan ke kota lahat

    Suksess yaa!, untuk promosinya….

    salam

  22. Salut banget deh sama abang…. Belum tentu Dinas pariwisata mempromosikn seperti yg abang lakukan….

    Salam…

  23. tempatnya keren …

  24. waaaa keren, asiknya naik gajah…

  25. Trenggiling? wah gue banget tuh…..laporan diterima… aw nice post mas, info ala backpackernya oke .. siiip….

  26. Wah.. aku menikmati sekali perjalanannya…
    Very nice report. Thank you for sharing yaa..🙂

  27. Lahat ? Dimana Itu ya? Bagus Banget pemandangannya…

  28. tetep semangat yo mas…
    Salam hangat….😉

  29. aih..serunya !!

    Bukitnya unik, ya ?

    Lahat yang ini maksudnya yang di SumSel, ya ?

  30. wew..bagus tuh…biayanya berapa?hehehhee…

  31. So beauty!
    Salam kenal..!

  32. Wah.. seru tuh kayaknya naik Gajah.
    Jadi pingin hihi..
    Bukitnya juga cantik dan sepertinya jalan kesananya udah bagus ya, bukan jalan yang berbatu2 begitu🙂

  33. indahnya alam kampung mas.. di sini udah panas dan sumpek penuh perumahan

  34. Subhanallah…
    Allah swt menciptakan segala sesuatunya dlm keadaan seimbang…

  35. Kunjungan setia sob, salam sukses selalu untukmu yaa…Cheers

  36. wah.. bagus juga tuh..

  37. Bagus…blogger yang cinta daerah:-),perlu dicontoh.^_^

  38. pak yang naik gajah itu anda?
    berani sip sip sip
    god post

  39. sory cuma bisa sampe sekolah gajah doang, udah nggak kuat… pengen banget sampe puncaknya.

  40. Woo…..naik gajah?
    Serem mana dengan naik kuda?

    Kayaknya asyik banget

  41. ehm …. indah🙂

  42. Keren banget, jd pingin ke piknik nih

  43. pemandangan segerrrrr. mudah-mudahan ada rejeki buat ke sana.

  44. aku belom pernah naek gajah😦

  45. keren ……. pemandangannya indah

  46. asik neh buat refreshing….🙂

  47. asyik….. “jalan-jalan-wisata kota” meski hanya membaca deskripsi yang indah akan nuansa Lahat, Bukit Serelo

  48. kunjungan pgi

  49. kapan saya diajak jalan jalan kesana mas ?

    hehe

  50. udah bangun dari tidur panjang mas?? haaha

  51. wow…keren bro..kerasa ampe sini sejuk nya udara di Bukit serelo…

    wait yah, saya akan siapkan tandingan dari bukit serelo yang indah itu..

    trims

  52. aku kapan kapan diajak kesana ya,sahabat.
    salam hangat selalu
    nice banget

  53. Pingin næk gajah hikz…hikz…hikz…
    Brow kirimi sy tiket pulang pergi semarang-lahat dunk biar bs mæn2 kt4ny brow hehehe….🙂

  54. Wah…indahnya,tp ni gmn kelanjutannya bro, kok gak ada panduan pulangnya?Aku gak bs pulang nih…:-P

  55. waaaa…

    keren-keren bang,,,
    jadi pengen kesana

  56. Wahhh bagus banget dan pastinya pasti serru, Bukitnya lucu bentuknya bikin pikiran kemana-mana.heheheheh😀

  57. mang bentuknya kaya jempol ya bukitnya

  58. jadi pengen berkunjung ke sana nih

    kapan ya……:)

  59. waw, aku belum pernah tuh ke sana…
    tampaknya indah…..

  60. Thank’s tambahan infonya, sudah aku masukan ke catatanku.

  61. kalu ada yang mau berkunjung ke bukit selero ke gw aja kebetulan gw orang asli perangai jd gw tau betul tentang bukit selero/bukit tunjuk.tp sekarang gw lg tgal dijakarta heeeeee….heee. but u call gw aj ni no hp:02199814082

  62. wah……wah……..?
    bagus banget kapan yach bisa maen keperangai lagi………?
    insyaalh tahun depan aku pulang kampung……?
    oh yach bagi orang lahat mau kenal ma gue
    ne no tlpn gue
    081273467042
    dinda padang lengkuas

  63. wah……wah……..?
    bagus banget kapan yach bisa maen keperangai lagi………?
    insyaalh tahun depan aku pulang kampung……?
    oh yach bagi orang lahat mau kenal ma gue
    ne no tlpn gue
    081273467042
    dinda padang lengkuas gue asli lahat lho

  64. Alap tanggung ceEhh…….bukit tunjuk tu ehH,,,,

  65. luar biasa….

    aku lahir di kabupaten lahat… tepatnya di dusun pehangai…. klo dak salah kate bak aku dekat latihan gajah padang rembie.
    aku ke dusun baru 1 kali…. itupun ga sempat jalan2 jalan.. bs waktunya ga cukup…
    dengan blog ini…. ternyata luar biasadusun aku…

    oh ya aku nak naye,, kate bak aku di badah kite tu ade patung yang di sumpahi si pahit lidah… yag kaye di filmnya ditu.. apa benar ada ya????

  66. saya org asli lahat, foto yang tadi baru sebagian kecil pemandangn yang indah di kota lahat. pemandangannya ruar biasa…………………….

  67. bisa minta cp nya nggk .,.,?
    rencana kami mw ekpedisi ke bukit serelo.,.,
    ferdian impala unibraw
    085755377769

  68. aduh mamak aku 3 tahun di desa selawi bangun tidu aku jenguk bukit selero dari tempat mandi, aku maini super home sick/ kangen berat nga desa selawi kab.kota lahat, ma mane jeme2 nye kawan aku tolong carika akses aku kepada mereka, aku rendu beraaaat nga kance gale…

  69. aq punya kenangan pada tahun 1990an ama teman2 di bukit ini..heheheh
    pingin main kesana lagi….heheheh

  70. salam kenal..

    silahkan berkunjung ke blog saya >> http://www.adrian10fajri.wordpress.com (Pesona Palembang)

Tinggalkan Balasan

