Mr. WordPress, Saya Bukan SPAM!!

Hari ini betul-betul membuat saya merasa cemas, linglung dan bercampur pusing sedikit. Tau nggak kenapa saya jadi begitu??… begini ceritanya teman-teman. Kejadiannya berawal hari minggu siang tadi setelah habis mandi (Mandinya kesiangan…. hihihi, jadi ketahuan) terus sarapan (tepatnya makan siang kali ya), dilanjutkan dengan istirahat sebentar.. Nah, behubung lagi nyantai, iseng-iseng saya buka blog saya, siapa tahu aja ada comment teman-teman yang masuk, eh ternyata emang bener ada comment yang masuk. Lalu saya berniat ingin me reply comment yang dikirim oleh Mas Blue. Setelah selesai nulis comment langsung aku postcomment.

Nah disini yang bikin aku cemas, linglung dan bercampur pusing sedikit tadi, karena comment yang aku kirim tadi enggak muncul di kolom komentarnya Mas Bloe tetapi ditelan oleh Akismet karena dideteksi sebagai SPAM… Anjriiit, padahal comment saya sopan banget, nggak ada unsur SARA atau IKLAN atau yang kata-kata JOROK dan kemaren terakhir kirim comment nggak ada masalah lancar-lancar aja kok. Terus aku coba reply commentnya Mas Gerilya , tapi hasilnya sama comment saya ditelan sama Akismet.

Selanjutnya saya coba kasih comment ke blog temen yang pake blogspot.com dan blogdetik.com. Nah disini yang membuat aku sedikit lega, karena blogspot.com dan blogdetik.com mau menerima comment dari saya. Itu berarti cuma wordpress.com yang menganggap comment saya sebagai SPAM.

Untungnya saya masih bisa tetap tenang menghadapi itu, karena saya merasa saya tidak bersalah dan tidak melakukan apa-apa yang diluar TOS nya WordPress.com. Tanpa buang-buang waktu saya lantas mencari solusi bagaimana supaya comment saya tidak dianggap SPAM lagi, mulai dari curhat denga eaSy karena dia juga pernah dapat musibah seperti saya. Terus nanya lagi sama mPunya tutorialgratis.net dan saat itu juga saya baru tahu ternyata sudah banyak orang-orang yang bernasip sama seperti saya.

Tapi yang membuat saya sedikit optimis, setelah curhat sama eaSy dan membaca artikelnya tutorialgratis.net , ternyata masalah itu masih bisa diselesaikan dan diperbaiki, salah satunya adalah dengan cara minta kepada admin blog yang dikirimin comment untuk melakukan recover atau menyetujui comment saya yang dianggap SPAM sehingga pada saat saya comment kembali ke blog tersebut comment saya tidak dianggap SPAM lagi dan langsung muncul di kolom komentar postingan.

Akupun langsung mencoba apa yang dianjurkan oleh eaSy dan tutorialgratis.net dengan cara membuat blog wordpress baru sebagai uji coba, dan ternyata yang dikatakan oleh kedua sumber tadi memang benar, pada saat saya mengirimkan comment pertama dengan menggunakan ID Blog Saya, saya dianggap SPAM, kemudian saya masuk ke Dasbor WP yang baru saya buat, lalu saya recover atau menyetujui comment saya tadi, setelah keluar dari dari Dasbor saya kirim comment yang kedua dan hasilnya comment saya bisa muncul di kolom komentar… Alhamdulillah (dalam hati saya)…

CATATAN PENTING

Bagi teman-teman WP yang menerima reply comment dari saya tapi dianggap SPAM, saya minta dan memohon agar comment saya di recover atau disetujui agar comment saya selanjutnya tidak di deteksi sebagai SPAM lagi di blognya teman-teman WP. Atas bantuan dan partisipasi teman-teman blogger khususnya WP mania, saya ucapkan banyak terima kasih sebelumnya… Allah Bless U🙂

20 Tanggapan

  1. sudah saya approve bukan sebagai spam.

    ThX banget Kang, sbab jemari gue terasa gatal pengen comment kalu baca artikelnya Kang Nawar, artikelnya bagus-bagus, TOP pokoknya dah… sukses selalu buat akang🙂

  2. walah, di tmpat saya gk tuh….🙂

    Alhamdulillah… mudah-mudahan saya yang terakhir menerima musibah ini…🙂

  3. Waahh.. kasihan mas blue.. jadi ga bisa keluar dari spam.. hehee….🙂

    Salam kenall….😉

    Salam kenal kembali mas… commentnya mas blue nggak ada masalah, yang jadi masalahnya comment saya tidak muncul di blognya mas blue dan teman2 WP lainnya sebelum comment saya tersebut di approve bukan sebagai SPAM… saya mengharapkan bantuan tema-teman… tHx for All

  4. Jang,,,mamang minta ma’af karena mamang juga ndak ngerti apa itu SPAM. Harap maklum mamang baru belajar,,,, buat sahabat blogger semuanya aku yang salah hingga bujang posting tulisan di atas, tapi apa boleh buat aku ndak tau apa sich SPAM itu. Sebenarnya koment ini mo ku kirim ke emailnya bujang, tapi aku lebih senang semua tau aku yang ndeso ini, ingin mengakui kesalahan itu karena aku ingin maju. Dunke,

    Dak apo2 mang, nyantai be… semua ada hikmanye, aku coba kirim comment ke mamang lagi… minta tolong approve bukan sebagai SPAM yo mang… makasih sebelumnye mang🙂

  5. spam kah ini ?
    oh tidak… syukur lh
    mas brapa kli ngoment shari.
    kali aja klo kbanyakan ngomex jadi spamex dan harus minum promex

    Bayu: Kalu comment di blog gue Insya Allah aman mas, kalau pun dideteksi sebagai SPAM kalau itu nggak ada unsur SARA, IKLAN atau skrip yang berlebihan pasti aku approve bukan sbg spam… tulungin gue ya mas, tHx sebelumnya🙂

  6. Wakaka… emang bakat nyepam kali bay. Akismet emang nggak “nelan” comment yang dianggap spam, cuma ngeblok sementara aja buat jaga-jaga, jadi masih bisa diapprove. Biasanya yang diblok entu yang banyak link2nya (ciri2 comment spam)

    Bayu: hehehe…mas Diko bisa aja… kalau yang pake link gitu emang udah pasti bakal di ciri sbg SPAM, tapi comment gue sama sekali enggak ada yang namanya LINK masih tetap di blok sama Akismet… ca pe de

  7. Dari postingan bujang lahat sy br tau gmana caranya lepas kalo kita ditandai sebagai spam, makasih yah mas atas sharingnya. Sangat bermanfaat bagi saya😀

  8. sip bos…sudah saya setujui. kok bisa ya dianggep sepam, belom ketauan juga ya penyebabnya. untung saya nggak langsung delete all….hehehe…

  9. Bisa dianggap spam karena kata blue itu dideteksi sebagai spam

  10. sabar aja😀
    hanya orang2 terpilih yang dianggap spam

  11. Nah lo, saya baru tahu yang begindang! Katrok kali ya..he..he.. Terima kasih mas Bayu infonya ini. Oya sekalian saya mengajukan permohonan untuk link blog mas Bayu ya. Boleh ya, kan orang baik? Ha..ha..

    Selamat Tahun Baru. Semoga kita semua bertambah baik dan berhasil di tahun baru nanti. Salam hangat😀

  12. waduh awam ni sya tentang wordpress, wp ada spam blocknya ya mas? kok bisa comment ente di anggap spam?? hmmm…. dah comment cape-cape malah ga di anggap yak… semoga berhasil dah mas

  13. allow sobat lam kenalnya
    sekali2 kunjungin blog ku yah , hehehe

    http://babbicool.blogspot.com

  14. iye, mang kadang2 tuh sensor spamnya si akismet rada2 error.. mungkin juga sih karena settingan doang..

  15. hehe…kalo gak salah…easy juga mengelami hal serupa.
    Om WP(dot)com emang ‘agak’ galak ya?
    hehehe….
    *Maap Om WP*….

  16. bukan Wp yang galak tapi Si askimet itu yang galak, komentar dianggap spam karena ada link di dalam komentar, atau kata-kata yang sudah di filter oleh askimet , bisa juga penggunaan Meta pada wordpress kita secara berlebih dengan menggunakan kata-kata berulang, kalau kata-kata jorok si Wp nedo ngerti bahaso lahat, hehehe salam kenal dari jemo dusun lintang

    Bayu say…
    hehehe…. Mang Gome memang mantabs “sambil mengacungkan ke empat jempol tangan dan kaki”

  17. bang…sahabatku!
    kalau blue enggak bakalan dech spam spaman..
    dan moga aku tak pernah kena spamdi abang ya
    selamat sore bang
    tetap semangat ya
    salam hangat asellau

  18. sy sekarang bernasib sama seperti mas.
    mohon dibantu approve comment sy ini. pliss…

  19. Syukur…syukur…ketemu artikel ini. Iya neh mas, blog saya ketelan ma akismet, di anggap SPAM. Tolong direcover ya😀 Salam Kenal.

  20. A great resource. Many thanks.

Tinggalkan Balasan

