Nikmatnya Kopi Lahat

Apabila anda pergi ke Kabupaten Lahat, jangan lupa mencicipi kopi hasil kabupaten ini. Kopi lahat dikenal karena aroma dan rasanya. Konon, kalau sudah merasakan nikmatnya kopi lahat, Anda akan mudah membedakan mana kopi asli dan mana yang bukan.

Apalagi dimusim penghujan seperti sekarang ini, minum kopi menjadi pilihan utama disaat kumpul bersama keluarga, lebih lengkap lagi bila ditambah dengan kehadiran pisang goreng hangat. Ssruuuuppp……… ehm. Bisa kalian bayangkan bukan??😀

Kopi merupakan salah satu unggulan penghasilan pada sektor perkebunan di kabupaten Lahat. Tanaman yang dapat dijumpai hampir di seluruh kecamatan ini perannya sangat besar dalam menopang kegiatan ekonomi Kabupaten Lahat. Luas areal tanaman kopi 114.317 hektar dengan total produksi lebih dari 57.329 ton per tahun. Luas lahan maupun produksi kopi lahat yang terbesar di Sumatera Selatan.

Tanaman kopi umumnya perkebunan rakyat yang menjadi gantungan hidup 68.806 rumah tangga. Produksi kopi terbesar di Kecamatan Kota Agung, 15.684 ton dari areal 3.931 hektar tanaman menghasilkan.

Pemasaran kopi bagi petani Lahat tidak sulit. Petani tinggal membawa hasil kebun ke kalangan atau pasar sekali seminggu. Di kalangan itulah pedagang pengumpul datang membeli hasil kebun petani. Selanjutnya, pedagang pengumpul membawa komoditas itu ke luar Lahat, biasanya ke Kota Palembang, Lampung, maupun Jawa.

Di tingkat petani harga kopi sangat ditentukan oleh pedagang pengumpul. Harga kopi pernah berjaya saat negeri ini dilanda krisis moneter tahun 1997. Saat itu harga kopi Rp 15.000 per kilogram. Naiknya harga kopi membawa dampak positif bagi petani. Banyak petani yang kaya mendadak. Namun, setelah itu, harga kopi terus turun, bahkan pernah Rp 2.900 per kilogram pertengahan 1999. Tapi pada pertengahan 2008 ini harga kopi mulai naik lagi, bahkan pernah mencapai angka Rp. 20.000 per kilogram.

Besarnya produksi kopi di Lahat agaknya belum dibarengi tumbuhnya industri pengolahan kopi, yang mengolah kopi asalan menjadi kopi beras atau bahan baku industri yang lebih hilir. Saat ini, industri pengolahan kopi merupakan industri kecil dan menengah. Salah satu contoh, industri kopi bubuk merek “kipas” yang berdiri tahun 1952 dan hingga kini masih terus berjalan. Bahan baku berbentuk kopi beras diperoleh dari masyarakat atau petani dengan harga beli Rp 4.000 per kilogram. Pembelian biasanya dalam jumlah besar, kemudian disimpan. Suplai bahan baku tidak pernah menjadi kendala bagi produksi kopi bubuk.

Ada baiknya teman-teman mencoba yang namanya kopi Lahat, dijamin pasti ketagihan dengan kenikmatan dan aroma kopi dari Bumi Seganti Setungguan tersebut…….🙂 promosi

24 Tanggapan

  1. Kopi lahat memang mantap, aroma dan kenikmatannya tidak ada tandingan…. maknyoss

  2. Kopi? pagee ini aku blom ngopi!
    Aku pengen…

  3. aku rudy gumay hobi ngopi, mak ini aku dang ghindu ngak kopi lahat

  4. Au Ce, anye kaba jangan manggil aku mas, bukan jeme jawa aku nih, amun nak betutur ngak aku pacak panggil aku mamang, kakak, kance,atau sebaut name aku saje dek ngape ce

    siapppp…. mang…ehh mamang…. ngomong2 dimane posisi sekarang? ad email dak? kalu email aq indra_lht@yahoo.co.id di add be biar bisa lebih akrab…. hehehehe

  5. hehehe…. yg benau tu kupi pagaralam….. dek katek kupi lahat😛

  6. hehehe juge….. dimane-mane yang namenye kopi lahat lebih maknyos dibanding kopi pagaralam….. nah kalu teh memang kuakui pagaralam top nye…..peace.🙂

  7. Kupi lahat memang muantaaaaappppp

    Maknyos mang…

  8. Ingin rasanya mencicipi kopi lahat, katanya emang enak sih dibanding kopi yang diproduksi oleh pabrik…

    salam kenal bujang lahat
    by susan-solo

    Sami-Sami mbak…🙂

  9. empok aku dek ngupi… embau kopi tu mantap nian….entah itu kopi lahat atau pagar alam…ape lagi yang di tutuk pakai lesung….mantap…aku dulu galak ngikuti kakangku ke kebon kawe di daerah endikat pagar alam…

    Mantap nian mang, ape lagi disandengkah dengan pisang goreng angat.. maknyos

  10. promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/nikmatnya_kopi_lahat

  11. Mantap nian woyy kopi lahat

  12. au nian muantap kopi kite……..ape lg kalau petani kite metek kopinye dipileh yg lah masak saje. aiiiiiiiii………nikmat !!!!!

  13. Nak Kupi lahat, kupi pagar alam, kupi semende nak kupi mane kinah.! Asak kupi jeme kite pasti manstabb.!! Ape lagi ame ye ngudak nye gades alap. Ai kebile agi pacak ngiroh kupi ame badah jaoh san di duson. Salam kenal gale ndek jeme kite dimane kinah. Balek galee.?

  14. anye kadang regenye dek sesuai ngak titik peluh mamg mgak ibungan petani kopi/kawe

  15. kawe kite tu mimang iluk
    anye kalu pacak regenye ni ningkat trus

  16. kopi lahat emang lemak ape lagi pakai sedikit pedas abang dan minumnya lagi musim ujan oi lemak nian

  17. oii..mang tulung aku carike kulit kopinyo bae, butuh ribuan ton buat pakan sapi….

  18. tolunglah….. sape paca’ ngighimiah aku ni kupi Lahat ye lemak tu………………( ye malang ye tebuang……….di Riau )

  19. Kopi jeme kite memang paling nikmat, apelagi kalu balik sandi kebun sambil makan pisang goreng..mantaaapppp….

  20. Kalangan, jadi keinget waktu kecil bertanya2 kenapa pasarnya cuma seminggu sekali, beli susu kental manis berasa udah mewah banget mesti nunggu kalangan. Ajaibnya juga bisa belanja pake beras kalo gak pegang uang.

    Kampung nenek saya di Pagar Gunung🙂

  21. ame nak numpang ngupi mantap, midanglah kedangau aku di kota agung talang merambong. kite ngupi sambel ndedak buket plus cuhub bale. utang besak utang kecik dijamin lupe gale heheheheh….

  22. ye la…kopi kite memang..lemak nia,,,jd tehingat waktu msih gi sekolah dulu,,sarapn gak kopi…dsn pisang goreng hasil kebun dewek…jadi hindu gak dusun..

  23. kira-kira ada yang jualan kopi lahat yang roasted bean nggak gan.?

  24. kopi lahat memang mantap… bikin ketagihan… hati hati yang minum kopi lahat,, mikmati, aroma dan nikmatnya… dijamin mantap… kebetulan istri gw orang lahat jadi sering minum kopi lahat saat pulang kampung dan membawa langsung dari penggilingan kopinya… mantap dahhh… banyak yang mesen ke ane gan kalu ane pulkam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: