Kurindu Masakan ibu

Rupanya tak terasa sudah hampir tiga bulan aku tidak mudik kekampung halamanku Kota Lahat, kadang-kadang di sela-sela kesibukan kota Bandung dan pas waktu lapar kadang kala teringat dengan menu yang di hidangkan ibu dan tentunya menu kesukaanku “Pindang Patin dan Tempoyak Ikan” yang merupakan kuliner khas daerahku, wah rasanya pengen pulang, tapi belum saatnya jadi sempat kepikiran untuk masak sendiri namun sayangnya aku tidak bisa masak yang begituan, paling banter cuma bisa masak air dan masak nasi itupun dibantu sama ricecooker :(

Dua menu masakan itu selalu ibu hidangkan apabila aku mudik ke kampung halaman, karena dia tahu itu adalah makanan kesukaanku. Di Bandung, aku sudah mencari kemana-mana masakan itu, tapi tidak ketemu sampai sekarang sehingga aku cuma bisa menahan rasa rindu itu sampai aku pulang ke kampung halamanku nanti.

Buat teman-teman yang belum sempat mampir ke daerahku dan ingin mencicipi nikmatnya masakan khas daerahku khususnya Pindang Patin dan Tempoyak Ikan, kalian bisa mencoba membuatnya sendiri, berikut ini resep masakan Pindang Patin dan Tempoyak Ikan yang saya dapat dari sana dan dari sini, nanti kalau sudah bisa bikinnya, kirimin saya ya masakannya :)

.

Pindang Patin

pindang-ikan-patin

Gambar dari sini

Bahan:

1 kg ikan patin, siangi, cuci bersih, potong2x, lumuri dgn 1 sdm air jeruknipis ± 15 menit, tiriskan.
3 btg serai, memarkan
3 lbr daun salam
5 cm jahe, memarkan
3 buah tomat merah, belah 4
5 buah tomat hijau, belah 4
2 buah cabai merah, iris halus ± 2 cm
15 buah cabai rawit utuh
25 gr daun kemangi
3 sdm air asam
2 sdm kecap manis
2 sdm gula merah
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Bahan Yang Dihaluskan:
5 buah cabai merah
6 siung bawang putih
6 buah bawang merah

Cara Membuat:
Rebus bumbu halus, daun salam, serai, jahe, lengkuas dalam panci berisi 1250 cc air, dengan api sedang

Masukkan ikan dan bahan lainnya, beri garam sesuai selera hingga terasa asam, manis, dan pedas. masak hingga matang.

.

Tempoyak Ikan

tempoyak-ikan

Gambar dari sini

Bahan:
1 ekor ikan (800 gr), potong 4 bagian
2 btg serai, ambil putihnya, memarkan
2 lbr daun salam
2 sdm tempoyak (duren yang sudah difermentasi)
1 sdm kecap manis
2 sdt asam jawa, larutkan dengan sedikit air
5 bh belimbing sayur, iris bulat
500 ml air
1 sdt garam
3 bh cabai merah, belah dua tidak putus
15 bh cabai rawit merah
2 tangkai kemangi, ambil daunnya

Haluskan:
7 bh bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kunyit

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama serai dan daun salam sampai harum.
2. Masukkan tempoyak, kecap manis, asam jawa, belimbing sayur, air, garam, cabai merah, cabai rawit dan ikan, aduk rata, kecilkan api.
3. Setelah ikan matang, masukkan daun kemangi, masak sebentar angkat.

Untuk 4 porsi

About these ads

109 Tanggapan

  1. Kapan ya aku bisa mudik… :(

  2. wah enak bgd tuh kliatan’na.. jadi laper mas,, masakan nyokap emg paling yahudd,,


    Bayu:
    masakan ibuku emang paling mantab mas… hehehehe “promosi mode on”

  3. Wah.. pagi2 jadi ‘ngeces’ nih…
    Aku terima sudah jadi aja deh… sepertinya uenak banget tuh… :)

    *Datang bawa Nasi sebakul dan beberapa piring, berharap dapat nyicipin Pindang Patin dan tempoyak Ikan nya..* :)


    Bayu:
    jangan lupa bawa juga masakan khas daerah mas nug ya… :)

  4. wah enak nich kalau dimakan bbareng-bareng apalagi klu gratissssssssssssssss.pokoke mak nyussssss””””:D


    Bayu:
    ayo mas, mumpung gratis “donload resepnya”… hehehehe

  5. nanti kita coba masak bareng ya bay..
    tapi kalau hasilnya ga enak jangan marah :(

    trus jangan ngadu ke Ibu kalo aku ga bisa masak… :D


    Bayu: :)
    iya…

  6. Nah……….Pas banget. Jeng Easy tuh yang sudah nyiapin segudang resep masakan, dan pastinya sudah sering nyoba, doong?

    Kapan ya…..bisa ngumpul dan masak-masak bareng. Nanti kulinernya jeng Easy………..:D


    Bayu:
    ntar aku tanyai sama easy apa dia bisa masak atau nggak?

  7. Ah.., qm membuat aq bgitu mrindukan ibu sobat. Masakan ibu yg paling aq gemari adalah rendang jengkol. Gak terasa 3 tahun aq tak brtemu ibu.


    Bayu:
    rendang jengkol juga enak tuh sobat, kapan2 kirimin aku ya, ntar aku kirimin kamu pindang patin.. okay ;)

  8. rindu masakan ibu? aha. rupanya kita lagi postingan yang sama, rindu ibu.

    saya juga rindu masakan ibu nih. masakan yang pedasnya ampun-ampunan.

    ok, salam


    Bayu:
    sama ya, tozz dulu … hehehe

  9. sayur lodeh masakan ibuku, jadi favorit sampai sekarang…mau..???


    Bayu:
    ntar kita barter mas.. ;)

  10. Mmm…Enaaakkk..Jadi kangen masakan emak juga mAs Di kampung..

    Saya kan juga perantauan hik,..hik…

    Salam…

    Bayu:
    kirain saya mas orang bandung asli… hehe, mudik ke mana mas?

  11. Kira-2…si bujang lahat mo ngirimin bendol apa gak ya?
    Tak tunggu kirimannya ya…
    hehehe…
    *netes.com*


    Bayu:
    tenang aja om pasti kukirimin, yang jadi permasalahannya siapa yang mau mask ni om… hihihi

  12. waahh…. asyik mas.. jangankan mas yang rindu masakan ibu.. lha sya udah 2 bulan belum nyoba masakan ibu lagi.. (ga’ nanya!!)

    ***

    Eh ya mas.. cerita UAS udah aku posting… dan semoga nilainya bagus yo mas… aminn… ;)


    Bayu:
    moga hasil UAS nya memuaskan… ;)

  13. wew…resep resep ya mas…..

    istriku mau nyobain gak ya rsep masakan itu ??

    hihi

    aku juga kangen nih masakan ibu di kampung


    Bayu:
    Selamat mencoba mas… :)

  14. wah……..enak yah kalu masih ada mami…….
    aq bisa rasakan kerinduanmu……


    Bayu:
    pengen mudik… :(

  15. wah, laper jadinya

    masakan ibu tuh emang paling enak
    aku juga jadi rindu nih :)


    Bayu:
    kirain cuman aku yang rindu sama masakan ibu…

  16. amin…….

    gmana kalu kita tukeren link atau jadi pengikut……
    aq cari di blog kamu tapi kagak ada……..
    aq mau ikut punya kamu biar seru….


    Bayu:
    Dengan senang hati mas…
    link nya mas udah aku add di blogrolku

  17. Hmmmm kuahnya suger yaa….kalo dikapoengku oalahn ikan di masak gangan… dan masak sere…


    Bayu:
    kapan2 kita barter… mau?

  18. Kayaknya enak pindangnya tar aku coba deh buat mama yang lagi sakit.
    Trims atas doa n dukungannya.


    Bayu:
    moga mamanya lekas sembuh ya

  19. Selamat malam bujanglahat, sini aku masakan kesukaanmu, di kalteng tempoyak dan ikan patin banyak dan sedang musim, kasihan sekali rindu masakan kampung, tapi untuk gantinya aku kirim karedok khas Bandung mau ? Rumah orang tuaku di Bandung ( Cipaganti ) kamu dimana ? di Bandungnya ? biar aku suruh antar ke tempatmu. Okay surprise untuk anda.

    Regards, agnes sekar


    Bayu:
    Selamat malam mbak Sekar…
    ooo… orang tua mbak tinggal di Bandung ya, kalau saya di dekat taman pramuka mbak… makasih atas rencana kiriman karedoknya mbak… :)

  20. Wah, kok lg dalam perasaan yg sama nih..
    Aku juga lagi merindukan banget masakan emak..kangen ma pecak terong,.hikz..pasti nikmat skali bisa kumpul ma keluarga, makan bareng..huwaa..pingin pulaaaang..!!


    Bayu:
    Mudik bareng yuk mas, kalau mas mudik kemana?

  21. Wah2 lagi pada kangen ya…ma Ibu nya???
    kak di makanan di atas boleh di pesan, antar dan GPL(gak Pake LAma) ya???
    dari photonya akue liat sampe ngiler nieh… hehe.. :P


    Bayu:
    download aja photonya lalu di print, terus direbus pake air panas… biar nggak ngiler lagi

  22. Kak tukeran Link ya…..


    Bayu:
    udah di add di blogroll ccan

  23. Walaupun banyak makanan serupa dijual namun tdk seenak masakan ibu. Biasanya ibu senantiasa memanjakan anaknya dgn masakan2 kesukaannya apalagi kl kita pulang mudik, Wah…….., ibu pasti sibuk nyiapin masakan kesukaan kita. Entah kpn sy bisa ketemu ibu lg…………


    Bayu:
    Kalau mas mudiknya kemana mas?

  24. ngetest avatar sebelum tidur


    Bayu:
    Selamat tidur eas…

  25. avatar yang ini maksudnya.
    maaf ya bay jadi komen sampah.
    ntar diganti dengan semangkuk pindang deh

  26. jadi laper ngeliat potonya… padahal gw ngetik ini jam 2… ah, biarin aja. makan ah.


    Bayu:
    Makan aja kalau laper, nggak usah ngelirik kiri kanan… hehehe

  27. Salam kenal mang……


    Bayu:
    salam kenal juga… (lol)

  28. masakan ibu emang nggak pernah ada kata bosan….
    nyilerrr liat tempoyak patinnyo


    Bayu:
    wah… kang Ardi doyan tempoyak juga…hihihi

  29. Besok kerumah saya mas, akan saya buatkan gulai Aceh … mau?

    Bayu:
    Bener nih mbak? yess… makan bareng sama mbak rindu “nggak usah bilang2 oM bendol ya mbak”

  30. Tempoyaknya itu lho….nyummy…
    Salam kenal!

    Bayu:
    Makanan terlezat di dunia :
    )

  31. tempoyak ikannya mau tuh..enak pastinya

    Bayu:
    oM Boyin udah pernah coba belum?

  32. masakan seorang ibu emang penuh dengan bumbu kasih sayang apapun terasa enak

    Bayu:
    Betul banget oM, nggak ada yang bisa ngalahin masakan ibuku, ibuku koki is the best

  33. Wuih, saya tuch paling kangen ma Tempoyak. Kalo saya pulang kampung, pasti yang pertama saya cari tu sambel duren ini… :D
    ehmmmm…nyamiiiii

    Bayu:
    Suka juga kamu sama tempoyak rrel?
    masak duren makan tempoyak… hihihi

  34. nyamm…nyamm…nyammmm kayaknya enak nih…..

  35. Wah…. patut dicoba nih resepnya. Dulu sih waktu masih singel sering masak sendiri. Mungkin dengan mencoba resep ini maka saya akan mulai membiasakan diri masak kembali. Wah… rawitnya banyak juga ya….. atau mungkin kurang banyak buat yang suka pedes ya?? Huehehe…..

    Bayu:
    Silahkan dicoba mas, ntar kalu udah mateng, kirim kerumah ya mas… :)

  36. ternyata oh ternyata
    rasa rindu itu telah melahirkan sebuah resep masakan yang istimewa.
    he..he..

    Bayu:
    Tapi sayang, aku tak bisa masak bang

  37. wiw, pernah cb juga bang masak sendiri? Hehe…ayo masak2 yuk, biar kangennya bs sdkt terobati….
    aQ jg suka kangen sm masakan daerah lain..mislanya nich, aQ khan pernah ke Banjarmasin, eh kangen aQ sama Soto Banjarmasin, trus klo aQ ke Jakarta, aQ suka kangen sm masakan daerahQ….Coto Makassar dan ikan palumara….hmmm…yummy…apalagi klo yg masak adalah ibu y,,….sungguh koki terbaik di dunia dech… :) sabar y bang
    semangat

    Bayu:
    Neng Sarah bisa nggak masak nya?

  38. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus online untuk para netter Indonesia. Salam!

    http://keluarga.infogue.com/kurindu_masakan_ibu

  39. wah… baru pertama mampir sudah dapet menu masakan bagus..
    makasih ya.. nanti aku coba yang resep ikan patinnya.. pasti enak….
    salam kenal dan ijin link ke
    http :// beautifulseason.wordpress.com.

    siapa tahu ada menu lanjutan..he he

    Bayu:
    ntar kalau sudah masak kasih tahu aku ya mbak :)

  40. wew… dah mau jam makan siank nee… mau dunk tyan masakan ibuna mas indra… (ngences.com) mak nyuss(nelen ludah)he… kapan² tyan diajak nyicip ya.. ;)

    Bayu:
    yuk makan bareng, tapi di Bandung nggak ada masakan kayak ginian :(

  41. Waduh jadi lapar neeh….. mau dong dimasakin….he..3x

    Bayu:
    sama mas aku juga laper banget neh

  42. pengen tempoyak ikaaan..udah lama ga makan ituuu….
    coba om ku masih hidup ya.. soalnya almarhum yang plg suka masak itu..

    Bayu:
    Suka juga kamu tempoyak ya ndah?

  43. meski gak bisa buat tapi kyakanya enak itu :-)

    Bayu:
    hehehe… sama berarti cuma bisa masak air doank…

  44. blue jadi ingin pulang ke rumah ibu…kangen masakan ibuku hmm……………
    salam hangat selalu


    Bayu:
    kemana pulangnya bang?
    iya bang bandung lagi hujan, jadi aku sering kedinginan, makasih salam hangatnya bang… hehe

  45. hhu,,

    kangen indonesia,, :-(


    Bayu:
    di singapure nggak ada makanan kayak ginian ya fi?

  46. coba resep nya ahh.. :)
    hm…jadi laperrr nehh..


    Bayu:
    silahkan non dicoba :)

  47. hmm ………….. lezat tuh
    jadi lapeeerrrrrrrrrrrr


    Bayu:
    Silahkan dimakan monitornya mit

  48. bujang memang tak punya tantangan memasak; coba dech, satu dua kali masak dengan resep ibu,…. daripada kangen itu dipendam jadi kedinginan…


    Bayu:
    hehe… jadi malu dengan kang nawar…

  49. Waduhhh…jadi lapar…pulanggggggg…..hhehe.

    Emang Bro tiada masakan yang lebih makjusss dari masakan Ibu.


    Bayu:
    ntar aku mau nyicipin masakannya ibu mas sige di Bali.. hehehe

  50. kutunggu postingan terbarunya yah sobat.
    jangan lupa kabari aq yah………..


    Bayu:
    makasih kang udah mau menunggu… sambil diminumin kang kopinya :)

  51. Klo di bgr enak, ada rumah makan palembang. Jadi klo pengen bisa kesana deh!
    Jadi pengen juga nich, masak tempoyak. Resepny mw di coba dl yach….


    Bayu:
    sayangnya dibandung nggak ada rumah makan palembang, yang ada rumah makan padang..huhu

  52. Mas bayu baru 3 bulan nggak makan masakan Ibu….lah saya udah 2 tahun lebih gak makan masakan Ibu…….
    Oh ibu….aku merindukan masakanmu….
    Kalo saya sukanya sih “Tempe Bacem made in Mom”


    Bayu:
    wahhh… udah lama juga ya mas nggak mudik…

  53. Kalo aku paling suka sayur santan bambu muda. Dan entah kenapa pas aku pulang, simbok selalu dah sedia menyiapkannya. Padahal biasanya aku pulang mendadak. Masakan ibu kita sendiri serasa paling enak mengalahkan masakan2 di restoran. Kata temenku karena di dalamnya ada cinta dan kasih sayang yang tidak menjadi bumbu-bumbu di restoran. Ya gak?


    Bayu:
    bener banget mas, rasa cinta kasih dari seorang ibu itulah yang membuat masakannya jadi sangat enak.. :)

  54. mmm.. termehek mehek dengan pindang samo tempoy hehe..

    mak ku jugo lemak coy masakannyo hehe..

    lam dari jeme ugan (kedaton oku)

    aku taro link keblog ku yach (istriku juga orang lahat bro hehe..)

    http://unggulcenter.co.cc

    tolong add link aku ya


    Bayu:
    linknya udah di add mas di blogroll a/n Ponpey

  55. duh jadi inget td cman ma’em telor ceplok bikinan ndiri,, udah gosong pula,, nyokap malah asik2an arisan seharian,, jadi g’ ada iiang masak,, *rada ge’je*


    Bayu:
    hehehe… kok bisa sampai gosong mas?

  56. wahaha…sip nih. nasinya mana? sama minta teh tawar ya….
    sama dong saya juga nggak bisa masak. bisa sih cuma nggak pernah enak jadinya…hehehe…


    Bayu:
    nasinya belum dimasak mas, tadi Bang Tuyi lagi beli beras ke warung

  57. Wahhhh enak banget pastinya, Jadi laparnie pagi2 lihat makanan yang makyusssssss ;D


    Bayu:
    iya dunk, tapi kalau cuma dipandangin nggak bakal ada rasanya mas…. :P

  58. Hahaha …
    BL buka resep masakan … wah langka ini …

    But saya mau komen OOT nih …
    Mau tau apa yang berkesan dari kota Lahat di mata saya ???

    DI kota Lahat ini … tiap 100 m, diujung-ujung gang pasti ada Plang Petunjuk … bertuliskan …
    “Orgen Tunggal, hub. 081xxxxxxxx”
    (kalo gak percaya … check deh ke TKP …)


    Bayu:
    disana emang raja orgen tunggal kang… kwakakakkkk

  59. Saya juga punya lho masakan favorit, tengok deh…siapa tau suka…

    http://bulakamba.wordpress.com/2008/12/11/warung-maya-bang-tuyi/#comments


    Bayu:
    wahhh… resep bang Tuyi enakkkk tenan bang…

  60. wow… menu sarapan… :D


    Bayu:
    hehe… silakan dimakan monitornya

  61. Laper…laper…laper…(sambil mukulin piring pake sendok, lagian antriannya puanjang buanget…).


    Bayu:
    mas sih datangnya telat, padahal dari tadi ditungguin

  62. wah jadi laper nih…palagi hujan hujan kayak gini tambah deh lapernya hehehe


    Bayu:
    hehehe…makan bareng yuk… :)

  63. Jadi ngiler kie


    Bayu:
    hehehe… hanya bisa memandangi dari layar monitor…hiks

  64. lapar duh


    Bayu:
    makan Ka…

  65. sampai saat ini blue masih angen sama bundaku……….
    salam hangat selalu


    Bayu:
    kangen sama bunda harus selalu kan bang blue?

  66. waduh jadi laper:) saya juga mencintai masakan pindang patin ituw, dulu sering makan pas lagi riset di tulang bawang lampung, nyem-nyem-nyem , makasih resepnya:)


    Bayu:
    sama2 mbak… ntar dicobain ya, nanti kalau udah masak kirimin aku ya… ngarep.com

  67. Kangen juga,,, setelah lama ndak bisa konek gara2 signal ngilang tuk sekian lama…
    Masakan Ibu,,,,


    Bayu:
    sekarang udah bisa konek lagi kan mang?

  68. Nih.. *Sambil ngasih Pindang Patin dan Tempoyak Ikan buat Bayu* :P


    Bayu:
    Masakan neng Siwi pasti enak nih… nyicip ahh

  69. huum doyan ikan ya? kayak nya enak deh … nanti di coba deh :)


    Bayu:
    di Rusia tempatnya mbak Hidayati dijamin pasti nggak ada masakan kayak ginian… :)

  70. jadi laparrrrrrrrr… :D


    Bayu:
    Laper obatnya makan kang.. :P

  71. jadi kangen sama kampungneh mas…
    kangen sama warnanya yang hijau.
    untung kami punya basecamp yang berada di dekat persawahan.. ajadi sedikit reobati…hehehe


    Bayu:
    wah seru juga tuh mas… :)

  72. hiks hiks . syaa jadi kepingin pulang juga mas . sudah 4 bulan enggak mudik . kangen masakan umi juga . emang umi tuh yang ter-TOP deh . :D


    Bayu:
    mas sheva juga kangen ya?

  73. sudah lama gak berkunjung, gue bawah ole oleh nih :)
    siapa tau suka, iseng 2x berhadiah


    Bayu:
    ehh.. mas Tukyman, silahkan masuk mas… apan nih oleh2nya, jadi penasaran, langsung ke TKP aja ya…

  74. Sy biasanya mudik ke Gorontalo……, Propinsi muda hsl pemekaran Sulawesi Utara. tp sdh 6 thn belakangan ini sy nggak pnh mudik krn ortu sdh nggak ada trus Saudara yg lain jg sdh pd merantau semua.

    Salam ngeblog……


    Bayu:
    ooo… jauh berarti dari tempat saya ya mas… salam ngeblog juga :)

  75. jadi kangen kampung halamanku :)


    Bayu:
    sama mas… mudik yuk…

  76. Kapan ya pulang kampung ???

    hiks


    Bayu:
    hehehe… nunggu kiriman uang receh dari rayearth2601

  77. kayaknya mak yuuuss tuch he he

    wah aku udah 4 tahun belum pulang kampung sampai lupa rasa masakan ibu. ingin rasanya merasakan masakan ibu lagi. ibu tunggu aku pulaaaaaang (lho koq malah curhat)


    Bayu:
    hehe… boleh dicoba mas… :D
    ntar suruh ibunya mas masak resep itu

  78. Aku jadi ikutan juga masakan SimboX :D

    Salam :)


    Bayu:
    Biar kamu tahu juga gimana masakan daerah saya, jangan cuma tahunya sama gudeg jogja… :D

  79. makanan ibu mang makanan paling enak sedunia deh..


    Bayu:
    iya kang, walaupun itu cuma rebusan daun singkong dan sambal terasi.. :)

  80. Aduh,sama mas aq juga jrng plng,nek plng cm minta duit bulanan..pdhl pngn maem nasi opor bikinan ibu.. I love u mom..maen kblogq yg norak ya mas


    Bayu:
    hehe… inget pas masih kuliah dulu, pulang cuma minta duit..hihi
    Okay mas, ntar aku mampir kesana, thx atas kunjungannya :)

  81. Bayu,.. kamu sudah punya resep lengkapnyaa..
    ya buat aja sendirii..kalo sukses pasti bangga rasanyaa..

    (jgn lupa kirimi aku..:-)


    Bayu:
    ntar kalau nggak enak jangan marah ya mbak… hihi

  82. nduk lemak pule cacam.he2


    Bayu:
    pastinyo chuy…hehe

  83. Pagi bay……

    katanya kalau meliahat saya jadi keingat bunda bay di kampung…..

    Tetapi seertinya saya belum pantes deh jadi bunda bay….
    Karena umur saya dengan bay mungkin tidak terselisih jauh…(Saya belum tua bay)J

    Jadi… dengan kebaikan dan kemurahan hati saya,saya masakan patin pindang sepesial ini untukmu bay….

    Silahkan di nikmati,mumpung masih panas…
    Enak bangetkan di makan pakai nasi panas-panas….

    Dan masakan ini adalah masakan faforit di keluarga saya….
    Kalimantankan terkenal dengan ikan patin laut dan sungainya….

    Ya udah saya pamit dulu yaa,jangan lupa selesai makan cuci tangan yang bersih trus….pergi kuliah,entar kesiangan loh…

    Biar yang kotor saya yang bersihkan….

    Pagi bay……tetap semangat dan sukses selalu….
    Tetaplah tersenyum berserta Allah yang Maha Pemurah
    :smile::grin::mrgreen

  84. Maaf ya bay tulisan saya salah-salah,mudah-mudahan bisa di mengerti.Habisnya buru-buru banget…:smile:

  85. slamat siang…..
    sepertinya se empunya blog lagi makan siang nih atau pulang kampuang rindu masakan ibu :-)

  86. jadi laper ngeliatnya :)

  87. Bagaimanapun lidah ternyata lebih enjoy dengan masakan Ibu… Beruntunglah yang masih memiliki Ibu.. :-)
    Hayyah, sujud, cium kakinya dulu sebelum minta dimasakin!!!!

  88. Aduhai….enaknya…. :D
    Jadi pengen ne…. :D

  89. Di upload donk masakannya yang siap makan, hehe

  90. hmmmmm… lezat banget tuh kelihatannya… kira2 kapan yah aku mudik? :(

  91. ketemu juge dengan blog jeme kite… aku di Negeri Jiran lak lame dek makan yang namenye gulai tempoyak nga Pindang ikan patin… lemak nian uey…. kebile aku pacak mudik… makasih buat Bujang Lahat lak memperkenalkah daerah kite sampai ke penjuru dunie, semangat terus yo… kami selalu dukung untuk kemajuan daerah kite…

    Salam,

    Doddy

  92. enaknyo..
    aku senang menikmati makanan nasional tiap2 daerah…..
    kapan aku bisa menyantapnyaya……..

  93. wah kapan yang aku bisa travel kuliner hehehe

  94. Yah aku berasal dari Lahat, aku lahir di Benteng/daerah serdadu karena ayahku dulu serdadu. sedangkan asal ibuku dari dusun Lahat Tengah sedang ayahku dari Lahat kota istilahnya orang pasar. Nenek dulu pemilik Rumah Makan yang bernama Rumah Makan BALI cukup dikenal yang letaknya dekat setasiun Lahat. Lauk makan yang paling kugemari adalah brengkes/pepes ikan tempoyak dimakan bersama pete bakar ditambah sayur terung…busyet deh bener bener nikmat sekali.

  95. Enaknyo makan tempoyak ikan ditambah sambal caluk…hemmm jadi lapar

  96. Saya suka juga blog ini
    Informasi Berita Online

    http://www.satupesan.com

  97. aku ple lah rindu benaw ngan lahat,,,, mkn tempuyak aduh nkmtny

  98. mantap cuy

  99. mantab… lahat… jadi pengen banyak tau soal lahat dan kesana, mamah orang pelaju palembang yang dah merantau lama di bandung…

    good blog ^_^
    infonya soal lahat, makasih ya…

  100. Q abed….. ehm jd kngen masa kecil dulu……mancing ikan di pinggir sungai lematang……. hasilnya diksaih emak buat dimasak tempoyak….n mkn bareng ma klrga….. di cibubur ngk da ikan kyk ikan lematang…… jdi kngen ni………. slm tuk semua tmn 2……. mks :)

  101. I admire your blog , it has of lot of information. You just got a perennial visitor of this blog!

  102. Definitely, what a splendid website and informative posts, I surely will bookmark your blog.Have an awsome day!

  103. ngajung hindu nga umak bae….

  104. hmmm aku jadi ngiler bro, tempoyak + pindang patin nasinya beras baru

  105. Pindang patin, tempoyak, lalap terong lahat

  106. Jadi ngiler liat tuh makanan… Mau dong….

  107. enak.. enak.. enak.. :)

    gan mau ga bertukar link??? ^^

  108. Lauk makan yang bikin ngiler dan lahap kalo makan

  109. Reblogged this on aku dan bintang.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: